Wednesday, November 26, 2008

analisis IMK

BAB II

Landasan Teori

  1. Faktor Manusia

Aspek dalam sistem komputer

Aspek hardware

Aspek software

Aspek brainware

Kegiatan memodelkan manusia adalah kegiatan yang cukup sulit karena manusia menggunakan panca indera

Panca indera:

Mata: benda, ukuran, warna, bentuk, kepadatan, dan tekstur

Telinga: nada, warna nada, pola titik nada, intensitas, frekuensi

Hidung: membedakan bau

Lidah: membedakan rasa manis, kecut, pahit, asin

Kulit: merasakan tekanan dan suhu

Istilah dalam Penglihatan/Visual

Luminans

- Banyaknya cahaya yang dipantulkan oleh permukaan obyek

- Semakin besar luminans sebuah obyek, rincian obyek yang dapat dilihat oleh mata akan semakin bertambah

· Kontras

- Selisih antara luminans obyek dengan luminans latar belakang

- Nilai kontras dapat positif atau negatif

- Nilai kontras negatif akan membuat obyek tidak nampak

· Kecerahan

- Tanggapan subyektif pada cahaya

- Tidak ada kaitan dengan luminans dan kontras, namun luminans dapat berimplikasi pada kecerahan

· Sudut dan ketajaman penglihatan

Sudut penglihatan (visual angle): sudut yang dibentuk antara obyek dengan mata

Ketajaman penglihatan (visual acuity): sudut penglihatan minimum ketika mata masih dapat melihat sebuah obyek dengan jelas

BAB III

Analisis

Pada tampilan awal situs Bank Indonesia, user dapat memilih untuk menjelajahi situs dalam Bahasa Indonesia atau Bahasa Inggris. Navigasi pemilihan bahasa cukup baik karena perbedaan warna dan peletakkannya di tengah-tengah halaman membuat user menyadari bahwa itu clickable. Navigasi yang diberikan pada halaman ini, seperti Data Informasi Bisnis Indonesia, Investor Relation Unit, Links, Syarat & Kondisi, Kontak BI, dan Site Map, tertata dengan baik dan mudah diikuti. Data Informasi Bisnis Indonesia dan Investor Relation Unit dibuat dengan image yang timbul keluar sehingga terlihat clickable. Jika pada halaman ini kita langsung mengklik link navigasi selain pemilihan bahasa, kita akan masuk ke halaman berbahasa Indonesia sebagai default-nya, kecuali untuk navigasi ke Investor Relation Unit. Sayangnya logo yang terletak di kiri atas dan di tengah-tengah halaman bukan merupakan link yang dapat mengantarkan user ke homepage yang secara default berbahasa Indonesia.

Berikut adalah poin-poin penting yang terlintas di pikiran saya ketika pertama kali membuka situs Bank Indonesia :

Tema Situs

Ketika mengunjungi situs Bank Indonesia, saya langsung menarik kesimpulan bahwa situs yang sedang saya kunjungi itu adalah situs yang membahas tentang lingkungan melalui warna dan tampilan informasi lainnya. Sayangnya, tidak ada tag line di bawah logo situs sehingga saya tidak benar-benar mengetahui apa Bank Indonesia itu. Saya harus memilih menu Tentang Kami untuk mengetahui apa Bank Indonesia itu. Meskipun kepanjangan Bank Indonesia tertulis pada judul situs yang akan muncul pada label window, tag line tetap diperluka untuk memperjelas informasi dimana pengguna berada atau situs apa sebenarnya yang sedang mereka kunjungi.

Ukuran situs

Ukuran situs Bank Indonesia relatif dengan ukuran layar monitor pengguna. Ketika mengakses situs ini saya memakai monitor dengan resolusi 1280 x 800 pixel. Pada ukuran tersebut, tampilan situs akan tampak normal. Namun, situs akan tampak buruk apabila situs ditampilkan dengan monitor dengan ukuran yang jauh lebih besar. Sebenarnya persoalan tersebut bisa diselesaikan dengan memperbesar tulisan/konten situs dengan menekan tombol Ctrl dan melakukan scrolling pada mouse secara bersamaan. Namun, hal itu hanya bisa dilakukan oleh pengguna competent performer dan expert user. Biasanya masalah resolusi diselesaikan dengan menambah keterangan pada footer mengenai persyaratan ukuran monitor agar tampilan situs sesuai dengan yang diperkirakan pengembang seperti ‘Best View with 1024 x 768’ serta menambahkan fitur online yang memberikan informasi kepada pengguna mengenai ukuran monitor yang sedang dipakai.

Pilih Biregion
Pengguna akan kebingungan ketika melihat select menu ‘Pilih Biregion’ karena tidak ada keterangan apa yang akan dikerjakan jika pengguna melakukan pekerjaan tersebut. Akan lebih baik apabila diberikan keterangan singkat mengenai apa yang akan ditampilkan atau hasil dari pekerjaan tersebut.

Kebutuhan Perancangan web site yang harus diperhatikan :

l Agar tampilan utama dapat diterima secara luas dan digunakan secara efektif, maka perlu dirancang secara baik.

l Hal ini tidak berarti bahwa semua sistem harus dirancang agar dapat mengakomodasi semua orang, namun perlu dirancang agar memenuhi dan mempunyai kemampuan sesuai dengan kebutuhan pengguna secara spesifik.

l Analoginya adalah seperti kita menggunakan mobil atau motor, kita tidak perlu memikirkan bagaimana cara mesin bekerja.

Urutan Perancangan

  1. Perancangan struktur dialog; melakukan analisis tugas dan menentukan model pengguna dari tugas tersebut
  2. Pemilihan ragam dialog
  3. Perancangan format pesan; tata letak tampilan, keterangan tektual secara terinci, dan efisiensi inputing data harus mendapat perhatian lebih
  4. Perancangan penanganan kesalahan
  5. Perancangan struktur data

Setelah melakukan analisis dan pengkajian situs Bank Indonesia, dapat ditarik kesimpulan bahwa situs ini belum mencapai tahap good usability. Oleh karena itu, pengembang perlu melakukan revisi ulang dari segi IMK agar informasi dapat dinikmati dengan mudah dan nyaman oleh pengguna. Revisi tersebut bisa dilakukan dengan melakukan evaluasi dan tahapan ulang untuk desain antarmuka serta rancangan situs.

Setelah melakukan pengkajian dan revisi ulang, diharapkan situs akan mengalami perbaikan dari segi IMK dan struktur situs menjadi situs dengan good usability dan memiliki nilai yang baik terkait dengan faktor-faktor IMK lainnya.

Selain itu, sangat diharapkan kepada situs-situs lain untuk menyadari betapa pentingnya memperhatikan desain antarmuka, struktur konten situs untuk pengelompokan menu dan faktor-faktor IMK lainnya agar pengguna dapat memaksimalkan informasi dalam situs tersebut sehingga mendapatkan kepuasan.

No comments:

silahkan buktikan

bisnis